Doa Sebelum Komuni dan Doa Sesudah Menerima Komuni Kudus

TRIBUNSUMSEL.COM- Sebelum menerima komuni umat katolik berdoa untuk mempersiapkan diri menyambut tubuh dan darah Kristus.

Demikian pula sesudah menerima komuni juga berdoa sebagai bentuk ungkapan syukur atas berkat dan persatuan dengan Tubuh dan Darah Kristus.

Berikut doa sebelum dan Sesudah Komuni yang dikutip dari Puji Syukur.

Doa Sebelum Komuni

Ya Allah, bagaikan rusa merindukan sungai, demikianlah hatiku rindu pada-Mu. Hatiku haus akan Dikau, Allah yang hidup.

Tuhan Yesus Kristus, seperti kerinduan pemazmur akan Allah yang hidup , demikianlah hatiku rindu akan Tubuh dan Darah-Mu, akan Dikau sendiri. Maka sudilah Engkau datang dan bersemayamlah di dalam hatiku. Jadikanlah aku kemah kediaman-Mu sendiri.

Tuhan, sucikanlah hatiku agar pantas menyambut-Mu. Semoga kehadiran-Mu memberikan kekuatan untuk mengamalkan amanat kasih-Mu. Sebab Engkaulah Tuhan kami, kini dan sepanjang masa. (Amin)

Doa Sesudah Komuni

Tuhan Yesus Kristus, selamat datang di hatiku. Kini Engkau sungguh tinggal dalam aku dan aku tinggal dalam Dikau, seperti sabda-Mu sendiri: Yang makan tubuh-Ku tinggal dalam Aku dan Aku dalam dia.

Tuhan, Engkaulah roti hidup yang turun dari surga. Aku percaya akan sabda-Mu: Jikalau seseorang makan dari roti ini, dia akan hidup selama-lamanya.

Tuhan, karena Tubuh-Mu adalah satu, sudilah Engkau mempersatukan semua yang menyambut Tubuh dan Darah-Mu, agar mereka semua sungguh bersatu dan mewujudkan diri sebagai Tubuh-Mu sendiri, yakni jemaat. Semoga mereka bersatu seperti yang Engkau dambakan, yakni seperti Engkau sendiri bersatu dengan Bapa.

Tuhan, lewat Tubuh-Mu ini berilah kami semangat persaudaraan yang sejati, sehingga dalam hidup sehari-hari kami semua selalu berjuang untuk membangun jemaat-Mu menjadi Tubuh-Mu yang hidup, yang bersatu padu dalam semangat kasih. (Amin)

Sumber : Puji Syukur Hal 210-211

0 Response to "Doa Sebelum Komuni dan Doa Sesudah Menerima Komuni Kudus"

Post a Comment